Monday, June 10, 2024
Arch linux Manjaro

Review Linux Manjaro KDE 21.3.6

manjaro

“Review Linux Manjaro KDE 21.3.6 “

Pengantar

Manjaro adalah sistem operasi Linux serbaguna, gratis, dan sumber terbuka yang dirancang dengan fokus kuat untuk menjaga privasi pengguna dan menawarkan kontrol ekstensif atas perangkat keras. OS yang mudah digunakan ini adalah pilihan tepat bagi mereka yang mencari pengalaman komputasi baru, karena dapat diinstal dengan mudah di beragam perangkat. Dengan dukungan untuk arsitektur x86-64 dan ARM, Manjaro merupakan pilihan ideal untuk perangkat atau lingkungan komputasi apa pun. Selain itu, Manjaro menyediakan serangkaian opsi penyesuaian dan beragam pilihan aplikasi, semuanya dengan mengutamakan fitur keamanan dan privasi. Untuk melayani khalayak luas.

Manjaro Linux adalah distribusi Linux yang merupakan turunan dari Arch Linux. Manjaro dibangun di atas dasar Arch Linux, mengambil keuntungan dari kestabilan dan kemudahan penggunaan yang lebih tinggi. Meskipun Manjaro tetap mempertahankan beberapa konsep dasar dari Arch Linux, seperti rolling release dan pemeliharaan paket menggunakan Pacman, distribusi ini menyediakan antarmuka yang lebih ramah pengguna dan lebih mudah digunakan bagi pengguna yang tidak ingin melakukan konfigurasi yang sangat mendalam seperti yang mungkin diperlukan di Arch Linux.

Kelebihan

Manjaro Linux memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya populer di antara pengguna Linux. Berikut adalah beberapa kelebihan utama Manjaro:

  1. Rolling Release: Manjaro menggunakan model rolling release, yang berarti pengguna dapat terus-menerus meng-upgrade sistem mereka tanpa perlu melakukan instalasi ulang. Ini memastikan bahwa pengguna selalu memiliki versi perangkat lunak terbaru dan keamanan terkini.
  2. Arch Linux Basis: Manjaro dibangun di atas dasar Arch Linux. Meskipun Arch Linux diakui sebagai distribusi yang kuat tetapi lebih teknis, Manjaro memberikan pengalaman yang lebih ramah pengguna dan mudah diakses bagi mereka yang tidak terlalu terbiasa dengan konfigurasi yang mendalam.
  3. Pembaruan Sistem yang Aman: Sistem Manjaro memeriksa pembaruan secara menyeluruh sebelum melepaskannya ke repositori stabil, sehingga dapat meminimalkan risiko adanya pembaruan yang dapat merusak sistem. Ini membantu menjaga kestabilan sistem pengguna.
  4. Pengelola Pustaka AUR: Manjaro memiliki dukungan yang baik untuk Arch User Repository (AUR). AUR adalah repositori yang dikelola oleh komunitas pengguna Arch Linux yang memungkinkan pengguna menginstal dan memelihara paket yang tidak termasuk dalam repositori resmi. Ini memperluas daftar perangkat lunak yang dapat diakses pengguna.
  5. Pemeliharaan Mudah: Manjaro menyertakan alat pengelolaan paket yang ramah pengguna, seperti Pamac, yang menyederhanakan proses instalasi dan pengelolaan perangkat lunak. Ini membuatnya lebih mudah bagi pengguna baru untuk mengelola sistem mereka.
  6. Komunitas yang Aktif: Manjaro memiliki komunitas yang aktif dan ramah pengguna. Pengguna dapat mendapatkan dukungan dari forum Manjaro dan berbagi pengalaman dengan pengguna lain. Ini membuatnya lebih mudah bagi pemula untuk belajar dan mengatasi masalah.
  7. Desktop Environment Pilihan: Manjaro menawarkan berbagai varian desktop environment, termasuk XFCE, KDE, dan GNOME, sehingga pengguna dapat memilih tata letak dan lingkungan desktop sesuai keinginan mereka.
  8. Performa yang Cepat: Karena Manjaro dirancang untuk menjadi ringan dan efisien, banyak pengguna melaporkan performa yang baik pada perangkat keras yang lebih tua maupun baru.
Baca Juga :  Cara Install LAMP Stack di Arch Linux

Perlu diingat bahwa kelebihan Manjaro ini dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu pengguna Linux.

Download ISO

download

Cara Install OS Manjaro

  • Setelah booting OS
  • Pilih berikut nya
  • Sesuaikan Zona
  • Sesuaikan type keyboard
  • Summary config
  • Klik Install dan tunggu proses nya
  • Setelah Selesai proses install

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Review Linux Manjaro KDE 21.3.6 . Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 46 times, 2 visits today)

Similar Posts