Saturday, May 18, 2024
Mikrotik Totolink

Cara Setting Router Totolink N200RE Pake HP dan PC

cara

“Cara Setting Router Totolink N200RE Pake HP dan PC”

Pengantar

Totolink N200RE adalah sebuah perangkat router nirkabel yang dirancang untuk menghubungkan perangkat-perangkat ke jaringan internet nirkabel. Saya memiliki pengetahuan umum tentang perangkat ini, yang dapat digunakan sebagai referensi umum. Namun, saya tidak memiliki informasi terbaru tentang perangkat ini setelah Januari 2022.

Perangkat-perangkat seperti Totolink N200RE umumnya digunakan untuk membuat jaringan Wi-Fi di rumah atau kantor kecil. Mereka memungkinkan perangkat-perangkat seperti komputer, smartphone, tablet, dan perangkat IoT untuk terhubung ke internet melalui koneksi nirkabel. Beberapa fitur yang mungkin dimiliki oleh router seperti ini termasuk enkripsi Wi-Fi, manajemen jaringan, firewall, dan kemampuan untuk mengatur jaringan tamu.

Untuk informasi lebih lanjut tentang spesifikasi dan fitur spesifik dari Totolink N200RE, saya sarankan untuk melihat panduan pengguna atau situs web resmi produsen. Informasi terbaru tentang perangkat ini juga bisa ditemukan di toko elektronik atau situs web ritel yang menjualnya.

Keunggulan

Sebagai sebuah perangkat router nirkabel, Totolink N200RE memiliki beberapa keunggulan yang mungkin menjadi poin penjualan tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Di bawah ini adalah beberapa keunggulan yang umumnya dimiliki oleh router seperti Totolink N200RE:

  1. Koneksi Wi-Fi Stabil: Router seperti Totolink N200RE dirancang untuk memberikan koneksi Wi-Fi yang stabil, yang dapat sangat penting dalam penggunaan sehari-hari. Mereka memiliki teknologi untuk mengoptimalkan kualitas sinyal Wi-Fi.
  2. Kecepatan Wi-Fi: Router ini dapat mendukung berbagai standar Wi-Fi seperti 802.11n atau 802.11ac, yang memungkinkan kecepatan transfer data yang tinggi, penting untuk streaming video, bermain game online, dan kegiatan internet yang intensif.
  3. Keamanan Wi-Fi: Router ini umumnya memiliki fitur keamanan Wi-Fi seperti enkripsi WPA/WPA2, firewall, kontrol akses, dan kemampuan untuk mengatur jaringan tamu, sehingga menjaga jaringan Anda dari ancaman keamanan.
  4. Manajemen Jaringan: Router ini sering dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang mudah digunakan untuk mengelola jaringan Anda, termasuk mengatur kata sandi, mengontrol perangkat yang terhubung, dan mengoptimalkan kinerja jaringan.
  5. Port Ethernet: Selain koneksi nirkabel, Totolink N200RE juga memiliki port Ethernet yang memungkinkan Anda menghubungkan perangkat kabel seperti komputer atau printer langsung ke jaringan Anda.
  6. Harga Terjangkau: Banyak router dari merek seperti Totolink ditawarkan dengan harga yang terjangkau, sehingga cocok untuk pengguna rumahan dan bisnis kecil.
  7. Firmware Pembaruan: Produsen mungkin merilis pembaruan firmware secara berkala untuk meningkatkan keamanan dan kinerja router, sehingga Anda dapat tetap mendapatkan manfaat dari perangkat Anda dalam jangka waktu yang lebih lama.
Baca Juga :  Cara Setting & Kirim SMS di Mikrotik RB751U-2HnD

Namun, perlu diingat bahwa keunggulan-keunggulan ini mungkin bervariasi tergantung pada model spesifik dari Totolink N200RE dan perkembangan teknologi terbaru. Penting untuk membaca spesifikasi, panduan pengguna, dan ulasan konsumen sebelum membeli router untuk memastikan bahwa ia memenuhi kebutuhan dan ekspektasi Anda.

Harga Bervariasi

Spesifikasi

Berikut adalah beberapa spesifikasi umum yang dapat ditemukan pada router Totolink N200RE, namun perlu diingat bahwa spesifikasi ini dapat bervariasi berdasarkan model dan versi perangkat yang spesifik:

  1. Standar Wi-Fi: Biasanya mendukung standar 802.11b/g/n, yang berarti dapat menyediakan jaringan Wi-Fi 2.4GHz.
  2. Kecepatan Wi-Fi: Kecepatan transfer data nirkabel yang dapat mencapai hingga 300 Mbps (megabit per detik) pada jaringan 2.4GHz, tetapi ini bisa berbeda tergantung pada konfigurasi dan keadaan jaringan.
  3. Antena: Biasanya dilengkapi dengan antena internal atau eksternal, jumlah dan jenis antena dapat berbeda.
  4. Port Ethernet: Biasanya memiliki satu atau beberapa port Ethernet (LAN) untuk menghubungkan perangkat kabel seperti komputer, printer, atau perangkat jaringan lainnya.
  5. Keamanan: Mendukung berbagai protokol keamanan Wi-Fi seperti WEP, WPA, dan WPA2. Ini adalah fitur penting untuk melindungi jaringan Wi-Fi Anda dari akses yang tidak sah.
  6. Fitur Manajemen Jaringan: Biasanya memiliki antarmuka web yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengelola pengaturan jaringan seperti SSID (nama jaringan), kata sandi, pembatasan akses, dan sebagainya.
  7. Jaringan Tamu: Kemampuan untuk membuat jaringan tamu terpisah, yang memungkinkan pengunjung terhubung ke jaringan Anda tanpa akses ke jaringan inti.
  8. Kualitas Layanan (QoS): Fitur yang memungkinkan Anda untuk mengutamakan lalu lintas internet untuk aplikasi tertentu, seperti streaming video atau gaming.
  9. Port USB (Opsional): Beberapa model mungkin memiliki port USB yang dapat digunakan untuk berbagi perangkat penyimpanan atau pencetak di jaringan.
  10. Firmware Pembaruan: Router biasanya dapat diperbarui dengan firmware terbaru dari produsen untuk meningkatkan kinerja dan keamanan.
  11. Dimensi dan Desain: Ukuran dan desain fisik router, termasuk apakah itu model berdiri atau dinding, juga dapat berbeda.
  12. Daya dan Konsumsi Energi: Informasi tentang kebutuhan daya dan konsumsi daya.
Baca Juga :  Cara Membuat Auto Restart (Reboot) Mikrotik dengan WinBox menggunakan Script Schedule 2023

Penting untuk diingat bahwa spesifikasi spesifik dapat berbeda antara model-model router dari Totolink, dan Anda harus memeriksa panduan pengguna atau situs web resmi Totolink untuk informasi yang paling akurat tentang model yang Anda minati.

Cara Setting Router Totolink N200RE Pake HP dan PC

Lewat HP

  1. Sebagai Router Gateway
  • Konekan HP denga Router
  • Buka browser misal firefox atau google crome di HP ketikan alamat IP berikut 192.168.0.1 , dan aktifkan dekstop site
  • pilih skip
  • Untuk login silakan masukan User Name : admin, Password : admin, dan kode kode verifikasi yang muncul lalu Login
  • Pilih mode Gateway karna disini kita akan menjadikannya sebagai Wireless Router, sebelumnya pastikan kamu sudah menghubungkan kabel LAN dari modem/router yang sudah mendapatkan akses internet ke port WAN pada perangkat
  • Pada WAN Type pilih DHCP Client atau sesuaikan dengan tipe jaringan yang terkoneksi pada port WAN kamu, dan masukan untuk SSID beserta password wifi yang diinginkan kemudian Apply
  • Setelah itu perangkat akan merestart untuk menyimpan setting, tunggu hingga selesai.

2. Mode AP (Access Point)

  • Sebelumnya pastikan kamu sudah menghubungkan kabel LAN dari modem/router yang sudah mendapatkan akses internet ke port WAN pada perangkat, lalu pilih AP Mode dan masukan SSID dan password wifi yang kamu inginkan, kemudian Apply untuk menyimpan.

3. Mode WISP

  • Seperti biasa, pada mode operasi ubah ke WISP, pada mode ini kita akan menghubungkan router dengan jaringan wireless (wifi) yang sudah ada untuk mendapatkan akses ke jaringan Internet.
  • Kemudian pilih Scan untuk mendeteksi sinyal yang ingin dihubungkan
  • Akan muncul jaringan wifi yang tersedia, silakan pilih jaringan yang ingin kamu hubungkan dengannya
Baca Juga :  Kumpulan Istilah-istilah Mikrotik
  • Lalu pada Primary Router Wireless masukan sesuai nama SSID dan password dari router atau modem utama, sedangkan pada Repeater 2.4GHz Wireless masukan nama SSID dan password sesuai keinginan kamu. Setelah itu Apply untuk menyimpan.
  • Kamu bisa melihat status koneksi WIPS pada halaman utama atau Status untuk memastikan koneksi terhubung atau tidak dengan indikator sinyal seperti dibawah ini.

4. Mode Repeater

  • Pilih Mode Repeater
  • Pilih Scan untuk mencari sinyal wifi yang ada disekitar
  • Kemudian pilih SSID wifi yang akan disebarkan ulang atau diperkuat
  • Sama seperti mode WISP, kamu harus memasukan password dan SSID wifi yang sudah ada pada Primary Router Wireless dan untuk Repeater 2.4Ghz Wirelessmasukan SSID yang diinginkan lalu Apply untuk menyimpan.

Seperti biasa setelah Apply maka perangkat akan merestart untuk menyimpan konfigurasi, silakan tunggu beberapa saat hingga sinyal repeater muncul.

NOTE :

Sedikit informasi tambahan, pada mode WISP dan Repeater (Extender) memang hampir sama yang membedakan adalah jika kita memilih WISP (Wireless Internet Service Provider) maka jaringan LAN kita akan memiliki segment
jaringan LAN sendiri sedangkan pada mode Repeater hanya “mengulang” sinyal dan memiliki segment jaringan LAN yang sama dengan jaringan wifi router utama.

Lewat PC / Laptop

  • Koneksikan laptop atau PC menggunakan kabel UTP ke Totolink , kemudian setting IP di laptop menggunakan IP 192.168.1.x ( 192.168.1.2) , netmask 255.255.255.0 , gateway 192.168.1.1
  • Buka browser akses 192.168.1.1
  • Masukan user admin , pass admin
  • Tinggal pilih mode seperti pada saat setup lewat HP

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Setting Router Totolink N200RE Pake HP dan PC. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 202 times, 1 visits today)

Similar Posts