Monday, July 4, 2022
AWS

Pengertian dan Manfaat AWS

Pengertian

Pengertian dan Manfaat AWS

Pendahuluan

Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud paling komprehensif dan digunakan secara luas di dunia, menawarkan lebih dari 200 layanan unggulan yang lengkap dari pusat data secara global. Jutaan pelanggan—termasuk beberapa startup dengan pertumbuhan tercepat, perusahaan terbesar, dan lembaga pemerintah terkemuka—menggunakan AWS untuk memangkas biaya, menjadi lebih sigap, dan berinovasi lebih cepat.

Manfaat Menggunakan AWS

  • Ubah pengeluaran di muka menjadi pengeluaran variabel
    Pengeluaran di muka (upfront expense) mengacu pada data center, server fisik, dan sumber daya lain yang perlu Anda investasikan sebelum Anda menggunakannya. Sedangkan pengeluaran variabel (variable expense) berarti Anda hanya membayar untuk sumber daya komputasi yang Anda konsumsi. Dengan mengambil pendekatan komputasi cloud yang menawarkan keuntungan biaya variabel, perusahaan dapat mengimplementasikan solusi inovatif sekaligus menghemat biaya.
  • Hentikan biaya pengelolaan dan pemeliharaan data center
    Komputasi di data center sering kali mengharuskan Anda untuk mengeluarkan lebih banyak biaya dan waktu untuk mengelola infrastruktur dan server. Nah, dengan komputasi cloud, Anda tak perlu lagi khawatir akan tugas-tugas ini. Dengan begitu, Anda dapat lebih fokus pada aplikasi dan pelanggan Anda.
  • Berhenti menebak kapasitas
    Dengan komputasi cloud, Anda tak perlu memprediksi berapa banyak kapasitas infrastruktur yang Anda perlukan sebelum men-deploy aplikasi.

    Misalnya, Anda dapat meluncurkan Amazon EC2 instance dan cukup membayar untuk waktu komputasi yang digunakan. Daripada harus membayar sumber daya yang tak terpakai atau berurusan dengan kapasitas yang terbatas, dengan komputasi cloud, Anda dapat menggunakan kapasitas sesuai keinginan. Bahkan Anda juga dapat melakukan proses scale in (mengurangi) atau scale out (memperbanyak) kapasitas sesuai permintaan.
  • Manfaatkan skala ekonomi yang masif
    Dengan menggunakan komputasi cloud, Anda dapat mewujudkan biaya variabel yang lebih rendah daripada yang dapat Anda peroleh dari data center on-premise. Penggunaan dari ratusan ribu pelangganlah yang memungkinkan AWS dapat mencapai skala ekonomi (economies of scale) yang lebih tinggi. Kemudian skala ekonomi ini diterjemahkan ke dalam harga pay-as-you-go yang lebih murah.
  • Tingkatkan kecepatan dan ketangkasan
    Fleksibilitas dari penggunaan komputasi cloud memudahkan Anda untuk mengembangkan dan men-deploy aplikasi.

    Dengan komputasi cloud, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bereksperimen dan berinovasi. Tentu ini tak bisa Anda lakukan jika menggunakan data center on-premise. Misal untuk mendapatkan sumber daya baru, mungkin Anda memerlukan waktu.
Baca Juga :  Video Tutorial Cara Membuat Server RDP di AWS Untuk Kejar Jam Tayang Channel | Gratis VPS

Beberapa Jenis Model Penerapan Komputasi Cloud

  • Cloud-based Deployment
    Dalam model penerapan cloud-based, Anda dapat merancang, membangun, dan menjalankan aplikasi baru di cloud. Anda pun dapat memigrasikan aplikasi yang telah ada ke cloud.

    Anda dapat membangun aplikasi tersebut pada low-level infrastructure (infrastruktur tingkat rendah) yang mana memerlukan staf IT Anda untuk mengelolanya. Atau dengan alternatif lain, yaitu menggunakan higher-level services (layanan dengan tingkat lebih tinggi) sehingga mengurangi kebutuhan pengelolaan, arsitektur, dan scaling (penyesuaian kapasitas) pada infrastruktur Anda.

    Misalnya, Anda dapat membuat aplikasi yang terdiri dari server virtual, database, dan komponen jaringan yang sepenuhnya berbasis di cloud.
  • On-premises Deployment
    On-premises juga dikenal sebagai private cloud (cloud privat). Dalam model ini, sumber daya di-deploy (diterapkan) menggunakan layanan manajemen aplikasi dan teknologi virtualisasi pada data center pribadi sehingga penggunaan dan pemanfaatannya dapat meningkat.
  • Hybrid Deployment
    Dalam penerapan hybrid, sumber daya berbasis cloud terhubung ke data center on-premises (lokal). Anda bisa gunakan pendekatan ini untuk beberapa situasi, seperti aplikasi lama yang memang lebih baik dikelola di on-premises atau mungkin karena peraturan pemerintah yang mengharuskan Anda menyimpan data tertentu di data center lokal.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Pengertian dan Manfaat AWS. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 34 times, 1 visits today)
Klik untuk berbagi dengan orang lain

Similar Posts