Monday, June 10, 2024
Aplikasi Windows

Software Gratis Untuk Update dan Backup Driver Windows 11

untuk

“Software Gratis Untuk Update dan Backup Driver Windows 11”

Pengantar

Update driver Windows adalah proses mengunduh dan menginstal versi terbaru dari driver perangkat keras pada sistem operasi Windows. Driver adalah perangkat lunak yang memungkinkan perangkat keras, seperti printer, kartu grafis, atau perangkat input seperti keyboard dan mouse, untuk berfungsi dengan benar pada sistem operasi Windows.

Dalam banyak kasus, pengguna dapat menginstal driver dengan menggunakan CD atau DVD yang disertakan dengan perangkat keras. Namun, dalam beberapa kasus, driver mungkin tidak tersedia pada media fisik, atau versi yang diberikan di media tersebut mungkin sudah usang. Dalam kasus seperti itu, pengguna dapat mencari driver terbaru secara online dan menginstalnya dengan cara yang mudah.

Update Driver Via WIndows default feature

Update driver Windows adalah proses mengunduh dan menginstal versi terbaru dari driver perangkat keras pada sistem operasi Windows. Driver adalah perangkat lunak yang memungkinkan perangkat keras, seperti printer, kartu grafis, atau perangkat input seperti keyboard dan mouse, untuk berfungsi dengan benar pada sistem operasi Windows.

Dalam banyak kasus, pengguna dapat menginstal driver dengan menggunakan CD atau DVD yang disertakan dengan perangkat keras. Namun, dalam beberapa kasus, driver mungkin tidak tersedia pada media fisik, atau versi yang diberikan di media tersebut mungkin sudah usang. Dalam kasus seperti itu, pengguna dapat mencari driver terbaru secara online dan menginstalnya dengan cara yang mudah.

Windows menyediakan fitur update driver otomatis, yang dapat mengidentifikasi perangkat keras yang dipasang pada komputer dan mengunduh dan menginstal driver terbaru yang tersedia. Ini dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Buka “Device Manager” di Windows
  2. Temukan perangkat keras yang ingin Anda update driver-nya.
  3. Klik kanan pada perangkat dan pilih “Update driver”.
  4. Pilih “Cari secara otomatis perangkat lunak driver yang diperbarui”.
  5. Tunggu hingga Windows mencari dan menemukan driver terbaru dan instalasikan.
Baca Juga :  Daftar Nama Yang Bagus Dan Keren Buat FF (Free Fire)

Anda juga dapat mencari driver terbaru di situs web produsen perangkat keras. Setelah menemukan driver yang sesuai, Anda dapat mengunduhnya dan menginstalnya manual. Pastikan Anda mengunduh driver yang sesuai dengan model perangkat keras yang Anda gunakan dan versi sistem operasi Windows yang Anda gunakan.

Update Driver Via WIndows Via Software

  1. Double Driver

Double Driver adalah sebuah perangkat lunak (software) gratis yang memungkinkan pengguna untuk membackup (cadangkan) dan mengambil kembali (restore) driver pada komputer. Program ini dirancang untuk membantu pengguna dalam mengelola dan membackup driver pada sistem operasi Windows.

Dalam situasi tertentu, seperti ketika sistem operasi harus diinstal ulang atau ketika pengguna memindahkan hard drive ke komputer lain, driver perangkat keras mungkin perlu diinstal kembali. Dalam kasus seperti itu, Double Driver dapat digunakan untuk membackup driver yang ada di sistem sebelum instalasi ulang atau transfer, dan kemudian mengambil kembali (restore) driver tersebut ke dalam sistem yang baru.

Double Driver memungkinkan pengguna untuk membackup driver secara individu atau membackup semua driver sekaligus. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat cadangan driver dengan mudah, tanpa perlu membackup seluruh sistem operasi atau file lainnya.

Selain itu, Double Driver juga dapat digunakan untuk melihat informasi tentang driver yang terpasang pada sistem, seperti nama driver, versi, tanggal dan waktu pembuatan, dan perusahaan pembuatnya. Hal ini dapat membantu pengguna dalam mengidentifikasi masalah pada driver dan memperbarui driver ke versi yang lebih baru jika diperlukan.

Double Driver dapat diunduh secara gratis dari situs web pengembangnya dan didukung pada sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10. Program ini relatif mudah digunakan dan dapat membantu pengguna dalam mengelola driver pada sistem mereka.

Download : https://double-driver.en.uptodown.com/windows

2. Snappy Driver Installer

Snappy Driver Installer adalah sebuah perangkat lunak (software) open-source gratis yang dirancang untuk membantu pengguna dalam mencari, mengunduh, dan menginstal driver perangkat keras pada sistem operasi Windows. Program ini memiliki database besar driver yang terus diperbarui secara berkala, sehingga pengguna dapat memperbarui driver perangkat keras yang terpasang pada sistem mereka dengan mudah.

Snappy Driver Installer mendukung lebih dari 2 juta driver dan mencakup berbagai jenis perangkat keras, seperti kartu suara, kartu grafis, jaringan, chipset, USB, dan perangkat input. Program ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pencarian driver otomatis, pencarian manual, pemulihan sistem, dan pencadangan driver.

Fitur terpenting dari Snappy Driver Installer adalah kemampuannya untuk mencari dan mengunduh driver dengan kecepatan tinggi. Program ini menggunakan teknologi multi-threading untuk mempercepat proses pencarian dan pengunduhan driver, sehingga pengguna dapat memperbarui driver dengan cepat dan mudah.

Snappy Driver Installer dapat dijalankan langsung dari flash drive atau hard drive eksternal, tanpa perlu menginstal program di sistem operasi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan program ke berbagai komputer dan memperbarui driver pada sistem yang berbeda dengan mudah.

Snappy Driver Installer tersedia dalam dua versi, yaitu versi online dan offline. Versi online memerlukan koneksi internet untuk mengunduh driver, sedangkan versi offline telah dilengkapi dengan database driver yang lengkap dan tidak memerlukan koneksi internet. Kedua versi dapat diunduh secara gratis dari situs web resmi Snappy Driver Installer.

Download : https://sdi-tool.org/

3. Device Doctor

Device Doctor adalah sebuah perangkat lunak (software) gratis yang dirancang untuk membantu pengguna dalam memperbarui driver perangkat keras pada sistem operasi Windows. Program ini mencari driver terbaru untuk perangkat keras yang terpasang pada komputer dan memberikan tautan unduh untuk versi terbaru driver tersebut.

Baca Juga :  Cara Update Centos 8 untuk Pemula

Device Doctor mendukung berbagai jenis perangkat keras, seperti kartu suara, kartu grafis, jaringan, chipset, USB, dan perangkat input. Program ini menggunakan teknologi pemindaian canggih untuk memeriksa driver yang terpasang pada sistem dan mencari versi terbaru dari driver tersebut di database online.

Fitur utama dari Device Doctor adalah kemampuannya untuk mencari dan mengunduh driver dengan mudah dan cepat. Program ini dapat memindai dan memperbarui driver dengan satu kali klik, sehingga pengguna tidak perlu mencari driver secara manual dan memperbarui driver satu per satu.

Selain itu, Device Doctor juga dilengkapi dengan fitur pencadangan driver. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mencadangkan driver yang terpasang pada sistem dan memulihkan driver tersebut jika diperlukan. Program ini juga dapat menampilkan informasi tentang driver, seperti nama driver, versi, dan tanggal pembuatan, sehingga pengguna dapat mengidentifikasi masalah pada driver dan memperbarui driver ke versi yang lebih baru jika diperlukan.

Device Doctor dapat diunduh dan digunakan secara gratis, dan tersedia untuk sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10. Program ini relatif mudah digunakan dan dapat membantu pengguna dalam memperbarui driver perangkat keras pada sistem mereka dengan mudah.

Download : http://devicedoctor.com/device-doctor-download.php

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Software Gratis Untuk Update dan Backup Driver Windows 11. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 190 times, 1 visits today)

Similar Posts