Saturday, May 18, 2024
Domain SSL

Cara Download SSL Certificate dari Site URL Domain

cara

“Cara Download SSL Certificate dari Site URL Domain”

Pengantar


Sebuah sertifikat SSL (Secure Socket Layer) adalah sebuah tanda pengenal keamanan yang digunakan untuk mengenkripsi koneksi antara server web dan peramban (browser) pengguna. Sertifikat SSL ini terkait dengan sebuah domain atau subdomain tertentu pada server web. Oleh karena itu, “SSL Certificate domain” mengacu pada sertifikat SSL yang diterbitkan untuk melindungi dan mengamankan koneksi ke domain atau subdomain tertentu pada sebuah situs web.

Sebagai contoh, jika sebuah situs web memiliki domain “contoh.com,” pemilik situs tersebut dapat menginstal sertifikat SSL untuk “contoh.com,” sehingga semua koneksi antara server dan peramban pengguna yang mengakses “https://contoh.com” akan dienkripsi dan aman. Jika situs web ini juga memiliki subdomain seperti “blog.contoh.com,” pemilik situs juga dapat memperoleh sertifikat SSL terpisah untuk subdomain tersebut.

Penting untuk memiliki sertifikat SSL yang valid dan sesuai dengan domain atau subdomain yang ingin Anda amankan. Ini membantu melindungi data pengguna, memastikan keamanan dalam proses komunikasi online, dan juga meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap situs web Anda. Biasanya, sertifikat SSL dikeluarkan oleh otoritas sertifikat (Certificate Authorities) dan harus diperbarui secara berkala agar tetap valid.

Fungsi

Fungsi utama dari SSL Certificate untuk domain adalah meningkatkan keamanan dan privasi dalam komunikasi online. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari SSL Certificate untuk domain:

  1. Enkripsi Data: SSL Certificate mengenkripsi data yang dikirim antara server web dan peramban pengguna. Ini mengubah data menjadi kode terenkripsi, sehingga data tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berwenang yang mencoba mengintip atau mencuri informasi sensitif, seperti informasi login, informasi kartu kredit, dan data pribadi.
  2. Memastikan Keaslian Situs Web: SSL Certificate membantu memastikan keaslian situs web. Pengguna dapat memverifikasi bahwa mereka terhubung ke situs yang benar-benar dimaksudkan, bukan ke situs palsu yang mencoba menipu mereka dengan menggunakannya.
  3. Meningkatkan Kepercayaan: Ketika pengguna melihat tanda gembok hijau atau alamat web yang dimulai dengan “https://” di peramban mereka, mereka cenderung lebih percaya terhadap situs tersebut. SSL Certificate membantu membangun kepercayaan pengguna dan mengurangi ketidakpercayaan.
  4. Perlindungan terhadap Serangan Man-in-the-Middle: Sertifikat SSL membantu melindungi koneksi dari serangan “man-in-the-middle,” di mana penyerang mencoba menyusup dan mengintersep data yang dikirim antara server dan peramban. Enkripsi SSL mempersulit upaya ini.
  5. Keamanan Transaksi Online: Sertifikat SSL sangat penting untuk situs web e-commerce dan situs yang menerima informasi keuangan atau pribadi. Ini membantu menjaga keamanan transaksi online dan melindungi informasi kartu kredit dan data sensitif lainnya.
  6. SEO dan Peringkat Google: Google telah memasukkan keamanan situs web (menggunakan SSL) sebagai salah satu faktor dalam algoritma peringkatnya. Jadi, memiliki SSL Certificate dapat membantu meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian.
  7. Kepatuhan Regulasi: Untuk berbagai jenis situs web, seperti yang menangani data kesehatan atau data keuangan, penggunaan SSL Certificate mungkin menjadi keharusan untuk memenuhi persyaratan peraturan seperti HIPAA atau PCI DSS.
Baca Juga :  Cara Download Video Youtube untuk Pemula

Jadi, SSL Certificate untuk domain berfungsi sebagai lapisan keamanan penting dalam menjaga privasi dan integritas data dalam komunikasi online, serta membangun kepercayaan pengguna terhadap situs web Anda.

Cara Download SSL Certificate dari Site URL Domain

Via Google Chrome

  • Buka dan akses domain nya misal https://domain.com
  • Klik tombol gembok di bilah alamat
  • Klik Certificate(Valid).
  • Pilih Details tab
  • klik tombol Copy to File…
  • Klik Next
  • Pliih “Base-64 encoded X.509 (.CER)” format adan click Next
  • Tentukan nama file tempat Anda ingin menyimpan sertifikat SSL
  • Klik Next dan Finish

Mozilla Firefox

  • Klik Site Identity atau kunci gembok di address bar
  • Klik panah Show connection details
  • Pilih More Information
  • Klik View Certificate
  • Pilih Detail tab

atau jika muncul seperti ini :

  • Klik PEM(cert) dan PEM (chain) , nanti terdownload otomatis

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Download SSL Certificate dari Site URL Domain. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 148 times, 1 visits today)

Similar Posts