Tuesday, June 11, 2024
Proxmox Virtual Machine

Cara Setup Passthrough Disk Pada Proxmox

setup

“Cara Setup Passthrough Disk Pada Proxmox”

Pengantar

“Passthrough disk” adalah istilah yang umum digunakan dalam virtualisasi untuk merujuk pada proses melewatkan atau meneruskan sebuah disk fisik secara langsung ke dalam mesin virtual (VM). Ini berarti VM memiliki akses langsung ke disk fisik tersebut tanpa perantaraan dari hypervisor atau host sistem operasi.

Dalam konteks virtualisasi, biasanya disk-disk ini dipassthrough ke mesin virtual ketika performa tinggi atau akses langsung ke perangkat diperlukan. Beberapa kegunaan passthrough disk antara lain:

  1. Performa Tinggi: Memungkinkan VM untuk mengakses disk langsung tanpa overhead dari emulasi atau virtualisasi, yang dapat meningkatkan performa aplikasi yang berjalan di dalam VM.
  2. Fitur Khusus: Beberapa fitur atau fungsionalitas dari disk fisik seperti trim (untuk SSD) atau fitur-fitur RAID mungkin tidak tersedia ketika disk tersebut disajikan sebagai virtual disk.
  3. Aplikasi yang Spesifik: Untuk aplikasi tertentu yang membutuhkan akses langsung ke perangkat keras, seperti database yang berat I/O atau aplikasi dengan kebutuhan akses terhadap perangkat keras khusus.
  4. Keamanan: Dalam beberapa kasus, penggunaan passthrough disk dapat meningkatkan isolasi atau keamanan data, terutama ketika ada kebutuhan untuk membatasi akses ke disk fisik secara langsung.

Namun, penggunaan passthrough disk juga memiliki beberapa pertimbangan, termasuk:

  • Keterbatasan Mobilitas: VM yang menggunakan passthrough disk mungkin tidak dapat dengan mudah dimigrasikan atau disalin ke host virtual lain karena ketergantungan pada perangkat keras fisik tertentu.
  • Manajemen yang Lebih Rumit: Manajemen dan pemeliharaan VM dengan passthrough disk mungkin lebih rumit karena ketergantungan pada konfigurasi perangkat keras fisik tertentu.
  • Resiko Penggunaan Langsung: Akses langsung ke perangkat fisik dapat meningkatkan risiko kesalahan konfigurasi atau potensi kerusakan pada perangkat.
Baca Juga :  Cara Setting VLAN di Proxmox

Penggunaan passthrough disk harus dipertimbangkan dengan cermat tergantung pada kebutuhan spesifik dan lingkungan virtualisasi yang digunakan.

Cara Setup Passthrough Disk Pada Proxmox

lsblk -o +MODEL,SERIAL,WWN
  • Cek list disk berdasarkan ID
ls -l /dev/disk/by-id
  • Add Disk to VM
qm set [VM_ID] -scsi1 /dev/disk/by-id/[FULL_ID_OF_DISK]
  • Jika sudah berhasil maka di menu Hardware akan muncul disk baru

Passing Through Virtual Disk pada Proxmox

  • Jika kalian ingin menggunakan pass through virtual disk pada Proxmox, buka bagian hardware pada VM -> klik add -> klik Hard Disk

  • Select disk Size kemudian modifikasi settingannya.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Setup Passthrough Disk Pada Proxmox. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Similar Posts