Tuesday, June 11, 2024
Centos Centos 8 Linux Monitoring Nagios

Akses Nagios Dashboard Error auth.example.com/lmerror/403

error

“Akses Nagios Dashboard Error auth.example.com/lmerror/403”

Pengantar

Nagios adalah perangkat lunak open-source yang digunakan untuk pemantauan sistem, jaringan, dan infrastruktur IT. Nagios dirancang untuk mengawasi status berbagai layanan dan sumber daya dalam jaringan, seperti server, aplikasi, layanan jaringan, protokol, dan perangkat keras.

Beberapa fitur utama Nagios meliputi:

  1. Pemantauan Layanan dan Host: Nagios dapat memantau status layanan jaringan (HTTP, SMTP, SNMP, dll.), penggunaan sumber daya (CPU, memori, disk space), dan ketersediaan host.
  2. Pemberitahuan dan Peringatan: Nagios mengirimkan notifikasi melalui email, SMS, atau metode lainnya ketika ada masalah yang terdeteksi atau ketika masalah yang ada telah diselesaikan.
  3. Ekstensibilitas: Nagios mendukung penambahan plugin yang memungkinkan pemantauan aspek-aspek tambahan dari infrastruktur. Ada banyak plugin yang tersedia secara publik dan pengguna juga dapat membuat plugin mereka sendiri.
  4. Antarmuka Web: Nagios menyediakan antarmuka web yang memungkinkan administrator melihat status sistem secara real-time, melihat riwayat masalah, dan menghasilkan laporan.
  5. Manajemen Pengguna: Nagios memungkinkan pembuatan profil pengguna dengan hak akses berbeda, sehingga beberapa pengguna dapat memiliki akses terbatas atau penuh ke fitur-fitur tertentu.

Nagios sangat berguna dalam lingkungan IT yang kompleks karena membantu mendeteksi dan menangani masalah sebelum mereka berdampak besar pada operasi bisnis. Alat ini sering digunakan oleh administrator sistem, jaringan, dan DevOps untuk memastikan kinerja optimal dari infrastruktur IT.

Problem

Nagios di install bersama dengan apache .

Dan ketika di akses dahsboard nya IP/nagios muncul error berikut :

http://auth.example.com/lmerror/403

Solusi

Setelah di cek dikarenakan package lemonldap

yum list installed | grep lemon
lemonldap-ng-common.noarch                  2.19.0-1.el7               @epel
lemonldap-ng-handler.noarch                 2.19.0-1.el7               @epel
lemonldap-ng-manager.noarch                 2.19.0-1.el7               @epel
lemonldap-ng-portal.noarch                  2.19.0-1.el7               @epel

Remove package tersebut

yum remove lemonldap*

– Restart apache
systemctl restart httpd

– Coba test lagi akses IP/nagios, harusnya sudah berhasil.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Akses Nagios Dashboard Error auth.example.com/lmerror/403. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Similar Posts