Wednesday, January 26, 2022
AWS

Berkenalan dengan AWS Lambda

Lambda

“Berkenalan dengan AWS Lambda”

Pendahuluan

AWS Lambda adalah layanan komputasi serverless yang disediakan oleh AWS, merupakan salah satu layanan serverless yang paling populer dan digunakan oleh banyak developer di seluruh dunia. AWS Lambda memungkinkan kita untuk menjalankan kode program saat terjadi event tertentu (event-driven) yang bersumber dari layanan AWS lain, misalnya saat ada http request ke sebuah endpoint API Gateway, ada objek/file baru ditambahkan ke sebuah bucket S3 dan sebagainya. Kita dapat menulis dan mengupload kode program dalam bahasa pemrograman yang didukung ke AWS Lambda, kemudian mengatur layanan AWS apa yang akan memicu dijalankan kode program tersebut.

AWS Lambda dikelola sepenuhnya, dapat diskalakan secara otomatis, highly available (sangat tersedia), dan semua pemeliharaan dilakukan oleh AWS. Jika Anda memiliki 1 atau bahkan 1000 trigger (pemicu) yang masuk untuk memanggil function (fungsi), Lambda akan melakukan scaling terhadap function tersebut guna memenuhi permintaan. AWS Lambda dirancang untuk menjalankan kode di bawah 15 menit sehingga layanan ini tak cocok untuk proses yang berjalan lama seperti deep learning misalnya. Layanan Ini lebih ideal untuk pemrosesan cepat seperti web backend, penanganan permintaan, atau pemrosesan laporan pengeluaran yang mana hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit.

Cara Kerja AWS Lambda

Mungkin sempat terbayangkan oleh Anda, bagaimana AWS Lambda ini bekerja. Mari kita uraikan yuk.

  1. Unggah kode Anda ke AWS Lambda.
  2. Konfigurasikan kode Anda agar terpicu (trigger) dari sumber kejadian, seperti layanan AWS, aplikasi seluler, atau HTTP endpoint (titik akhir HTTP).
  3. Kode berjalan hanya ketika mendapat trigger.
  4. Cukup bayar sesuai waktu komputasi yang Anda gunakan. Misalnya, Anda mempunyai kode yang dapat mengubah ukuran gambar. Nah, Anda hanya akan membayar waktu komputasi yang digunakan untuk menjalankan fungsi pengubahan ukuran gambar saat ada yang mengunggah sebuah gambar baru.

Fitur – Fitur AWS Lambda

Memperluas layanan AWS lainnya dengan logika khusus

AWS Lambda memungkinkan Anda menambahkan logika kustom ke sumber daya AWS seperti bucket Amazon S3 dan tabel Amazon DynamoDB, sehingga Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan komputasi ke data saat data masuk atau berpindah melalui cloud.

Bangun layanan backend kustom

Anda dapat menggunakan AWS Lambda untuk membuat layanan aplikasi backend baru yang dipicu sesuai permintaan menggunakan antarmuka program aplikasi (API) Lambda atau endpoint API khusus yang dibuat menggunakan Amazon API Gateway. Lambda memproses peristiwa khusus alih-alih melayaninya di klien, membantu Anda menghindari variasi platform klien, mengurangi pengurangan baterai, dan memungkinkan pembaruan yang lebih mudah.

Membawa kode Anda sendiri

Dengan AWS Lambda, tidak ada bahasa, alat, atau kerangka kerja baru untuk dipelajari. Anda dapat menggunakan pustaka pihak ketiga mana pun, bahkan pustaka asli. Anda juga dapat mengemas kode apa pun (kerangka kerja, SDK, pustaka, dan lainnya) sebagai Lapisan Lambda, serta mengelola dan membagikannya dengan mudah di berbagai fungsi. Lambda secara native mendukung kode Java, Go, PowerShell, Node.js, C#, Python, dan Ruby, dan menyediakan Waktu Aktif API yang memungkinkan Anda menggunakan bahasa pemrograman tambahan apa pun untuk membuat fungsi Anda.

Administrasi yang sepenuhnya otomatis

AWS Lambda mengelola semua infrastruktur untuk menjalankan kode Anda pada infrastruktur yang sangat tersedia dan toleran terhadap kesalahan, membebaskan Anda untuk fokus membangun layanan backend yang berbeda. Dengan Lambda, Anda tidak perlu memperbarui sistem operasi (OS) yang mendasarinya saat patch dirilis, atau khawatir tentang mengubah ukuran atau menambahkan server baru saat penggunaan Anda berkembang. AWS Lambda men-deploy kode Anda dengan mulus, menangani semua administrasi, pemeliharaan, dan patch keamanan, serta menyediakan pencatatan dan pemantauan bawaan melalui Amazon CloudWatch.

Model keamanan terintegrasi

Kit pengembangan perangkat lunak (SDK) bawaan AWS Lambda terintegrasi dengan AWS Identity and Access Management (IAM) untuk memastikan akses kode yang aman ke layanan AWS lainnya. AWS Lambda menjalankan kode Anda dalam Amazon Virtual Private Cloud (VPC) secara default. Secara opsional, Anda dapat mengonfigurasi akses sumber daya AWS Lambda di belakang VPC Anda sendiri untuk memanfaatkan grup keamanan khusus dan daftar kontrol akses jaringan. Ini memberikan akses fungsi Lambda yang aman ke sumber daya Anda dalam VPC. AWS Lambda mematuhi SOC, HIPAA, PCI, dan ISO. Untuk sertifikasi Lambda dan kesiapan kepatuhan terbaru, silakan lihat cakupan layananlengkap.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Berkenalan dengan AWS Lambda. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

Klik untuk berbagi dengan orang lain
Baca Juga :  Cara Install PHP pada Amazon Linux

Similar Posts