Tuesday, February 27, 2024
DDNS Modem ZTE Monitoring Network

Cara Setting DDNS pada Modem ZTE F670 Untuk Monitoring IP Public Dinamis

ZTE

“Cara Setting DDNS pada Modem ZTE F670 Untuk Monitoring IP Public Dinamis”

Pengantar

DDNS adalah singkatan dari Dynamic Domain Name System. Ini adalah sistem yang memungkinkan pengguna untuk memetakan alamat IP yang berubah secara dinamis ke nama domain yang mudah diingat.

Pada jaringan komputer, setiap perangkat yang terhubung ke internet memiliki alamat IP yang unik. Namun, alamat IP dapat berubah secara periodik pada koneksi internet tertentu, terutama pada koneksi rumahan yang menggunakan IP dinamis.

DDNS memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengatur domain yang mudah diingat, seperti “contoh.ddns.net”, dan secara otomatis memperbarui alamat IP setiap kali terjadi perubahan alamat IP dari penyedia layanan internet (ISP). Hal ini mempermudah akses ke perangkat atau layanan yang terhubung ke internet, seperti server, kamera pengawas, atau komputer rumah dari jarak jauh tanpa harus mengingat alamat IP yang berubah-ubah.

Fungsi DDNS

Fungsi utama dari Dynamic Domain Name System (DDNS) adalah memungkinkan pengguna untuk mengakses perangkat atau layanan yang terhubung ke internet dengan menggunakan nama domain yang mudah diingat, meskipun alamat IP perangkat tersebut berubah secara dinamis.

Beberapa fungsi utama dari DDNS adalah sebagai berikut:

  1. Akses Jarak Jauh: Memungkinkan akses jarak jauh ke perangkat atau layanan di jaringan rumah atau kantor, seperti kamera keamanan, server, atau komputer, dengan menggunakan nama domain yang konsisten daripada harus mengingat alamat IP yang berubah.
  2. Kelancaran dalam Akses: Mempermudah akses pengguna ke layanan atau perangkat dengan menyediakan alamat yang mudah diingat, yang tidak berubah meskipun alamat IP perangkat tersebut berubah.
  3. Pemantauan dan Pengelolaan Lebih Mudah: Memungkinkan pengguna untuk secara efisien memantau dan mengelola perangkat yang terhubung ke jaringan, bahkan jika alamat IP perangkat tersebut sering berubah.
  4. Layanan Hosting dan Server: Berguna untuk penyedia layanan hosting, server, atau layanan cloud yang ingin menyediakan akses yang mudah dan konsisten bagi pengguna mereka tanpa harus memperhatikan perubahan alamat IP.
  5. Penggunaan Koneksi Internet dengan IP Dinamis: Terutama bermanfaat bagi pengguna yang menggunakan koneksi internet dengan alamat IP dinamis, di mana alamat IP dari ISP (Internet Service Provider) bisa berubah secara teratur. DDNS memastikan bahwa meskipun alamat IP berubah, nama domain tetap mengarah ke perangkat yang benar.
Baca Juga :  Collect Metrics from Exporters using the Managed Service for Prometheus

Dengan menggunakan layanan DDNS, pengguna dapat memanfaatkan akses yang lebih mudah, aman, dan konsisten ke perangkat atau layanan yang terhubung ke internet mereka.

Cara Setting DDNS pada Modem ZTE F670

  • Login ke modem
  • Buka menu Application -> DDNS -> Enable , lalu masukan hostname (noip), email dan password untuk login ke noip.
  • Buka kembali dashboard https://my.noip.com/ . Nanti IP Public akan muncul . Nah ketika IP Public ISP berubah maka kalian bisa lihat dari dashboard noip.com.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Setting DDNS pada Modem ZTE F670 Untuk Monitoring IP Public Dinamis. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 218 times, 11 visits today)

Similar Posts