Tuesday, June 11, 2024
Debian Pi-Hole Proxmox Virtual Machine

Cara Install Pi-hole pada Proxmox

proxmox

“Cara Install Pi-hole pada Proxmox”

Pengantar

Pi-hole adalah perangkat lunak open-source yang berfungsi sebagai DNS sinkhole, yang dirancang untuk memblokir iklan dan pelacakan online pada jaringan rumah atau kantor dengan cara memblokir permintaan DNS yang berkaitan dengan iklan dan pelacakan sebelum halaman atau konten tersebut diunduh atau ditampilkan oleh perangkat pengguna.

Fitur utama Pi-hole meliputi:

  1. Penghalangan Iklan: Pi-hole secara otomatis memblokir permintaan DNS yang berkaitan dengan iklan dan pelacakan, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengalami pengalaman browsing yang lebih bersih dan bebas iklan.
  2. Privasi: Dengan memblokir pelacakan online, Pi-hole membantu meningkatkan privasi pengguna dengan mengurangi jejak digital mereka saat menjelajahi internet.
  3. Kontrol Pengguna: Pengguna memiliki kontrol penuh atas daftar domain yang diblokir dan dapat menyesuaikannya sesuai dengan preferensi mereka sendiri.
  4. Kinerja Jaringan: Dengan menghilangkan permintaan DNS yang tidak diinginkan, Pi-hole dapat meningkatkan kinerja jaringan dengan mengurangi lalu lintas yang tidak perlu.
  5. Fleksibilitas: Pi-hole dapat diinstal pada berbagai perangkat keras seperti Raspberry Pi, server Linux, atau bahkan dalam bentuk kontainer Docker, memberikan fleksibilitas dalam penyebaran dan penggunaannya.
  6. Open-Source: Sebagai perangkat lunak open-source, Pi-hole tersedia secara gratis untuk digunakan dan dikembangkan oleh komunitas pengembang yang aktif.

Pi-hole biasanya diinstal di jaringan rumah atau kantor sebagai titik sentral untuk memblokir iklan dan pelacakan, dan dapat digunakan untuk semua perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut, termasuk komputer, smartphone, tablet, dan perangkat IoT.

Cara Install Pi-hole pada Proxmox

Buat Debian LXC Container

Baca Juga :  Cara Download Image Template untuk Container pada Proxmox
  • Create CT
  • Pilih template debian 11
  • tambahkan disk size
apt update && apt upgrade -y
apt install curl -y
  • install pi hole
curl -sSL https://install.pi-hole.net | bash
  • Instalasi Completed
  • Akse pi-hole dashboard
http://pi.hole/admin 
http://[IP_ADDRESS]/admin

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Install Pi-hole pada Proxmox. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 39 times, 1 visits today)

Similar Posts