Kripto Techno Info

5 Jenis Aset Kripto yang Populer 2021

kripto

“5 Jenis Aset Kripto yang Populer 2021”

Pendahuluan

Cryptocurrency atau uang kripto adalah mata uang yang tengah populer dalam beberapa tahun terakhir. Di dunia, ada banyak jenis uang kripto yang beredar. Kriptografi sendiri merupakan metode yang digunakan untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi melalui penggunaan kode.

Cara kerja cryptocurrency

Dikutip dari Forbes, ada tiga kata kunci yang melekat pada cara kerja mata uang kripto, yakni digital, terenkripsi, dan desentralisasi. Artinya tidak seperti mata uang konvensional, yakni dollar AS atau Euro, atau bahkan rupiah, mata uang digital ini tidak dikontrol oleh otoritas sentral dari sisi nilai uang tersebut. Sehingga tugas dalam mengontrol dan mengelola mata uang ini sepenuhnya dipegang oleh pengguna mata uang kripto melalui internet.

5 Jenis Aset Kripto yang Populer 2021

  1. Bitcoin (BTC)

BTC adalah mata uang kripto pertama di dunia. Diciptakan pada tahun 2009. BTC disimpan dan diperdagangkan melalui jaringan internet menggunakan Bitcoin Blockchain, suatu buku besar digital yang terdistribusi.

Saat ini ada 18.3 juta BTC yang beredar dalam sirkulasi, dengan 12.5 bitcoin baru tercipta setiap 10 menit. Pasokan jumlah BTC dibatasi hingga 21 juta BTC sejak awal diciptakan. Karena pasokan yang terbatas, harga BTC telah melonjak pesat 2300% dari Januari 2015 ke Januari 2020, mendorong banyak orang untuk berinvestasi di BTC.

2. Etherium (ETH)

ETH diluncurkan pada tahun 2015. Ethereum adalah salah satu blockchain paling populer yang dapat diprogram. Developer di seluruh dunia menggunakan blockchain Ethereum untuk membuat aplikasi terdesentralisasi kripto baru (seperti Rupiah Token).

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Blockchain Ethereum memiliki mata uang digital asli yang disebut Ether (ETH). Sama seperti mobil yang membutuhkan bahan bakar, ETH diperlukan sebagai “gas” untuk menjalankan program / aplikasi pada blockchain Ethereum.

3. Polkadot (DOT)

Polkadot adalah protokol blockchain yang dapat menghubungkan berbagai macam blockchain berbeda lainnya. Dengan Polkadot, pengguna dapat melakukan transaksi seperti pengiriman data dan aset antar dua blockchain berbeda.

DOT token berfungsi sebagai token tata kelola dan bonding pada protokol Polkadot. Pemegang token DOT dapat berpartisipasi dan memberikan voting untuk proposal perubahan pada protokol dan membuat parachain dengan melakukan bonding token DOT.

4. Binance (BNB)

BNB adalah mata uang kripto yang diciptakan oleh Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia. BNB berjalan di Binance Chain, sebuah blockchain yang diciptakan Binance untuk mendukung pertukaran kripto yang terdesentralisasi (wallet-to-wallet). Dalam ekosistem Binance, pengguna dapat menggunakan BNB untuk menerima diskon biaya perdagangan dan mendapat benefit lainnya.

5. Solana (SOL)

Diluncurkan pada tahun 2020 oleh Solana Foundation, Solana merupakan sebuah blockchain yang bersifat open source. Protokol Solana dibuat untuk memfasilitasi pembuatan aplikasi kripto terdesentralisasi. SOL merupakan mata uang digital asli dari blockchain Solana.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai 5 Jenis Aset Kripto yang Populer 2021. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

Klik untuk berbagi dengan orang lain

Similar Posts

Leave a Reply