Tuesday, June 11, 2024
Aplikasi Games Mikrotik Router RouterOS

Cara Memblokir Aplikasi Game dengan Router Mikrotik Terbaru

game

“Cara Memblokir Aplikasi Game dengan Router Mikrotik Terbaru”

Pengantar

Memblokir aplikasi game dengan menggunakan router MikroTik dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut. Harap diingat bahwa prosedur ini dapat bervariasi tergantung pada versi perangkat lunak MikroTik yang Anda gunakan.

Cara Memblokir Aplikasi Game dengan Router Mikrotik Terbaru

Blokir IP Public Game Aplikasi

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk memblokir aplikasi game menggunakan MikroTik:

  1. Login ke Router MikroTik: Gunakan perangkat lunak Winbox atau akses melalui antarmuka web dengan mengakses IP router MikroTik menggunakan browser.
  2. Temukan Alamat IP/Game Server: Identifikasi alamat IP atau nama domain server tempat game berkomunikasi. Ini dapat ditemukan melalui analisis lalu lintas jaringan atau dengan memeriksa dokumentasi game.
  3. Membuat Address List: Buat daftar alamat yang akan diblokir dengan menggunakan Address List pada MikroTik. Buka Winbox atau antarmuka web dan masuk ke menu “IP” -> “Firewall” -> “Address Lists”. Tambahkan alamat IP atau range IP server game ke dalam daftar ini.
  4. Membuat Layer 7 Protocol: Layer 7 Protocol digunakan untuk mendeteksi dan memblokir lalu lintas berdasarkan pola. Buka menu “IP” -> “Firewall” -> “Layer7 Protocols” dan tambahkan protokol untuk mendeteksi aplikasi game. Contohnya, Anda dapat membuat protokol untuk mendeteksi nama domain atau karakteristik unik dari lalu lintas game.
  5. Membuat Firewall Rules: Buat aturan firewall untuk memblokir lalu lintas game. Buka menu “IP” -> “Firewall” -> “Filter Rules”. Tambahkan aturan dengan mengatur sumber, tujuan, dan protokol yang sesuai. Gunakan Address List dan Layer 7 Protocols yang telah Anda buat sebelumnya.Sebagai contoh, aturan bisa terlihat seperti ini:cssCopy code/ip firewall filter add chain=forward src-address-list=game_servers action=drop
  6. Menguji Konfigurasi: Setelah konfigurasi selesai, pastikan untuk menguji apakah blokir tersebut berhasil. Coba akses game atau server yang telah diblokir untuk memastikan bahwa aturan firewall berfungsi.
  7. Simpan Konfigurasi: Pastikan untuk menyimpan konfigurasi Anda setelah melakukan perubahan dengan menekan tombol “Apply” atau “OK” di antarmuka konfigurasi.
Baca Juga :  Cara Mengkoneksikan Mikrotik ke Internet

Ingatlah bahwa beberapa game dapat menggunakan protokol dan port yang berbeda, jadi Anda mungkin perlu menggali lebih dalam untuk mengidentifikasi dan memblokir lalu lintas yang tepat. Selain itu, pembaruan perangkat lunak pada router atau perubahan konfigurasi MikroTik dapat mempengaruhi langkah-langkah ini. Pastikan untuk selalu merujuk pada dokumentasi MikroTik yang terbaru atau mendapatkan bantuan dari komunitas MikroTik jika Anda mengalami kesulitan.

Blokir Port Game Aplikasi

  • Login ke WInbox mikrotik
  • Misal yang akan kita blok port game COC 9330-9340
  • Buka menu Filter Rule pada IP –> Firewall
  • Lalu Gunakan Command berikut :
/ip firewall filter> add chain=forward src-address=192.168.1.0/24 protocol=tcp dst-port=9330-9340 in-interface=ether1 out-interface=ether2 action=drop

Keterangan :

- Chain diisi dengan forward karena paket pada aplikasi game tersebut melewati router bukan paket yang masuk dan juga keluar
- Src address diisi dengan ip atau network target, yang nantinya si target tidak akan bisa mengakses aplikasi game online tersebut. Apabila kita isi dengan ip maka hanya ip itu sendirilah yang kena blok tapi kalau kita memakai network maka semua ip yang termasuk kedalam network tersebut akan terkena blok.
- Protocol diisi dengan tcp, ya memang game clash of clans menggunakan protocol tcp bukan udp
- Port diisi dengan port number dari 9330 sampai 9340 karena akses aplikasi clash of clans menggunakan port demikian
- In-interface diisi dengan interface yang menuju ke client/ ke target. Disini target saya terletak pada interface ether1
- Out interface diisi dengan interface yang menjadi sumber akses internet si client. Disini saya mendapatkan internet dari interface ether2
- Action diisi dengan drop
  • Tambahkan rule berikut juga untuk allow semua akses selain yang di blok
/ip firewall filter> add chain=forward action=accept
  • Silahkan coba test game misal COC. nanti game nya hanya masuk ke page loading game. Akan terus loading karena port nya di blok.
Baca Juga :  Error Tidak Bisa Update pada Termux

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Memblokir Aplikasi Game dengan Router Mikrotik Terbaru. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 111 times, 1 visits today)

Similar Posts